YANG TERLUPAKAN : CERUTU ARMADA, INSPIRASI NAMA NEW ARMADA

Standard

Siapa sangka, berawal dari nama merek cerutu inilah, perusahaan karoseri dan holding company PT MEKAR ARMADA JAYA (lebih dikenal sebagai NEW ARMADA Magelang) berkiprah.
Cerutu ARMADA ini merupakan bikinan dari pabrik cerutu “Ko Kwat Ie & Zonen” yang terletak di Prawirokusuman Wetan, persis berada di pinggir Kali Manggis (belakang SMAN 3 Kota Magelang).
Kotak cerutu ini terbuat dari kayu tipis semacam triplek dengan ukuran kira-kira 2 kali bungkus rokok sekarang. Ringan sekali bobotnya. Dalam 1 kotak berisi 10 batang cerutu seukuran jari telunjuk dewasa.
Pada kemasannya tertempel gambar orang “bule” dengan pakaian seperti seorang kapten kapal. Kemungkinan nama ARMADA merujuk pada seorang mashal laut yang memiliki kekuatan armada laut.
Pada sisi lain terdapat tulisan ARMADA dan cerutu seperti di sablon. Pada bagian lain terdapat keterangan tentang produk cerutu ini.
Dan kotak cerutu ini saya dapatkan dari Solo beberapa hari yang lalu dengan harga cukup dalam. Tetapi saya senang sekali bisa “mengembalikannya” di tanah leluhurnya, Magelang.
Pabrik cerutu “Ko Kwat Ie & zonen” berawal dari sebuah industri rumahan di Gang Nanking, sebuah gang kecil di deretan pertokoan Pecinan, sekitar selatan Apotik Sumbing kini. Pertama kali berproduksi pada tahun 1900 dengan jumlah produksi yang masih sedikit. Seiring dengan perkembangan jaman, berpindahlah pabrik ini di samping rumah Ko Kwat Ie di “Djoeritan Zuid/Djoeritan Kidoel no. 16”, tepat di pinggir Kali Manggis berseberangan dengan Ngasem.
Kalo anda dari Apotik Sumbing, berjalanlah ke arah timur sejauh 100an meter. Nah tepat di jembatan Kali Manggis di sisi selatan menghadap utara, terdapatlah bangunan cantik nan eksotis, itulah rumah tinggal sang raja cerutu Ko Kwat Ie.
Seiring dengan perkembangan jaman dengan naiknya permintaan cerutu dari Eropa dan orang-orang Eropa yang ada di Hindia Belanda, Ko Kwat Ie mendirikan pabrik yang lebih besar di kawasan Prawirokusuman Wetan pada tahun 1920.
Sebuah pabrik besar nan megah yang bisa menampung ribuan tenaga kerja. Dengan hal itu maka permintaan akan cerutu bisa terpenuhi. Terlebih di masa itu mengisap cerutu merupakan simbol gaya hidup yang modern.
Saat pagi hari di waktu jam masuk pabrik, dapat dipastikan ribuan pekerja berduyun-duyun bekerja di pabrik ini. Pun sebaliknya di saat pulang kerja, suasana depan pabrik akan penuh sesak.
Puncak kejayaan pabrik cerutu ini berkisar pada tahun 1920 hingga 1942.
Kedatangan Jepang di Jawa dan Perang Dunia ke 2 di Eropa berdampak buruk terhadap industri cerutu. Hal ini menyebabkan permintaan cerutu merosot tajam dan berdampak pada berhentinya pabrik ini.
Dampak terburuk ketika Ko Kwat Ie meninggal karena sakit di kisaran tahun 1942-1945.
Sepeninggal Ko Kwat Ie, operasional pabrik di teruskan oleh anak-anaknya hingga pada awal 1970an meskipun dalam kondisi kembang kempis.
Nah, di selatan pabrik ini berdiri sebuah rumah milik orang tua Liem Wan King. Pada saat sekitar awal tahun 1970an, Liem Wan King mendirikan sebuah bengkel mobil. Dari tangannya lahirlah mobil yang pada akhirnya di beli oleh orang lain.
Semakin lama hasil bengkelnya diminati oleh orang banyak dan tentu saja membutuhkan sebuah nama usaha.
Nah nama cerutu ARMADA inilah yang menjadi inspirasi untuk nama usaha bengkelnya yaitu NEW ARMADA. Ulang tahun Karoseri New Armada sendiri selalu diperingati di bulan November yang berpatokan pada pendirian New Armada 11 November 1974.
Di cerita lain, makam si raja cerutu Ko Kwat Ie sendiri berada di kaki Bukit Tidar. Kondisinyapun bisa terbilang sangat merana dan memprihatinkan. Tertutup oleh semak belukar dan tidak terurus sama sekali. Bahkan batu nisan berbahan marmer yang tertempel di dinding makamnyapun raib entah kemana.
Hal ini berbeda terbalik dengan nasib NEW ARMADA yang kini berkembang pesat dengan puluhan anak perusahaannya.

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

One response »

  1. Pingback: YANG TERLUPAKAN : CERUTU ARMADA, INSPIRASI NAMA NEW ARMADA | | di Magelang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s