PT KAI Luncurkan Kereta Pustaka Indonesia

Standard

Bertepatan dengan perayaan Hari Museum Indonesia yang jatuh 12 Oktober PT KAI meluncurkan Kereta Pustaka Indonesia. Peluncuran perpustakaan ini di laksanakan di Museum Kereta Api/Railway Museum di Ambarawa pada Kamis 27 Oktober lalu.
Direktur Komersial & IT PT KAI M. Kuncoro Wibowo mengatakan bahwa peluncuran Kereta Pustaka Indonesia ini merupakan komitmen PT KAI dalam mencerdaskan anak bangsa sekaligus menambah ilmu pengetahuan untuk pengunjung Museum Kereta Api Ambarawa.
“Kereta Pustaka Indonesia ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia”, tutur Kuncoro.


Dalam kegiatan tersebut hadir Kapolres Semarang, Kepala Dinas Parbud Jateng dan komunitas sejarah di Jawa Tengah di antaranya KOTA TOEA MAGELANG.
Kereta Pustaka Indonesia (KPI) ini merupakan salah satu upaya PT KAI dalam melestarikan dan memanfaatkan asetnya. KPI menggunakan gerbong barang kereta rel diesel (KRD) bernomor seri B 80101 yang di modifikasi dan diperbaiki sehingga masih layak pakai dan siap operasi (SO).
Proses pengerjaan KPI sendiri dilakukan di Balai Yasa Manggarai Jakarta mulai 22 Juni hingga Juli 2016 lalu.
Gerbong KPI ini berwarna putih dimana pada sisi interiornya di modifikasi untuk tempat mendisplay buku-buku, sedangkan pada lantainya di buat lesehan untuk duduk pengunjung KPI.


Yang unik, pada sisi interiornya adalah adanya sketsa 5 stasiun tua di Jakarta dan aset bangunan cagar budaya/heritage milik PT KAI. 5 stasiun tersebut adalah stasiun Tanjung Priuk, Manggarai, Jakarta Kota, Pasar Senen dan Jatinegara. Sedangkan sketsa bangunan cagar budaya milik PT KAI adalah Lawang Sewu, kantor SCS di Tegal, Stasiun Kediri, Stasiun Cilacap dan Cirebon.


Yang menarik lagi adalah KPI ini bersifat dinamis tidak statis dan mobile yang bisa dipindahkan sesuai dengan kebutuhan sekaligus sebagai bentuk kampanye perkeretaapian/railway campaign PT KAI agar lebih bernilai.

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s