MUSEUM BPK MEMPERCANTIK DIRI [2]

Standard

Lobi museum, terkesan eksklusif

Dalam usianya yang akan menginjak ke 70 tahun di 1 Januari 2017 mendatang, BPK ingin “menyegarkan diri” khususnya melalui Museum BPK. Usia museumpun juga akan menginjak ke 20 tahun.
Di museum ini akan di sajikan “menu baru” yang lebih segar di banding konsep sebelumnya. Berkiblat pada museum-museum di luar negeri yang mana meskipun memakai bangunan lama tetapi tampilan isinya terkesan modern. Bahkan seluruh ruangan memakai pendingin ruangan (AC) dengan penerangan lampu yang benar-benar artistik.
Pengunjung yang datang akan melalui lobi yang di kemas dalam “kemewahan” layaknya sebuah lobi hotel. Terlihat dari pemilihan material properti yang terkesan eksklusif.
Pada ruang berikutnya akan di sambut para bapak bangsa pendiri republik ini, Soekarno-Hatta. Kedua proklamator ini dengan ramah dengan senyumnya yang khas “menyambut” pengunjung.


Sebuah makna simbolik bahwa keberadaan BPK merupakan simbol kemerdekaan bangsa sebagai lembaga tinggi negara. Terlebih lahirnya BPK sendiri tidak terlepas dari pergerakan revolusi dalam rangka mempertahankan negara dan bangsa.
Home teater melengkapi ruang berikutnya yang menyajikan kisah sejarah BPK. “Dengan melihat film dokumenter ini diharapkan pengunjung mengetahui sejarah awal berdirinya BPK ini”, tutur Yuni staff museum.


Beberapa fasilitas lain melengkapi museum ini seperti kidsmuseum yaitu berupa ruang untuk mengenalkan museum kepada anak-anak. “Kidsmuseum ini bertujuan mengenalkan museum sejak dini kepada anak-anak. Tentu saja dengan cara yang menyenangkan”, kata Dewi Kepala Bagian Museum dan Perpustakaan BPK beberapa waktu lalu.


Ruang perpustakan dan arsip, ruang eksibisi (pameran) dan souvenir semakin memanjakan masyarakat yang berkunjung. Apalagi di dukung adanya kafe yang semakin membuat betah pengunjung.


Yang menarik lagi adalah mengenai jam operasional museum yaitu buka setiap hari dari jam 08.00 – 16.00 wib. Dan pada hari Sabtu dan Minggu museum tetap beroperasi, tanpa di pungut beaya alias gratis.
Jadi bagi keluarga yang ingin berwisata sejarah tidak ada salahnya berkunjung ke Museum BPK.
Ayo ke museum !

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s