KOTA TOEA MAGELANG HADIRI PERINGATAN HARI MUSEUM INDONESIA DI AMBARAWA

Standard

Komunitas KOTA TOEA MAGELANG sebagai komunitas pecinta sejarah dan pelestarian cagar budaya selalu aktif mengikuti berbagai kegiatan. Baik skala lokal, regional maupun nasional.
Salah satunya adalah dalam peringatan Hari Museum Indonesia yang jatuh pada 12 Oktober. Peringatan hari bersejarah tersebut di adakan di Museum Kereta Api/Indonesia Railway Museum di Ambarawa 27 Oktober lalu.
Dalam acara yang di adakan oleh Unit Preservation & Museum PT KAI (Persero) tersebut merupakan rangkaian beberapa kegiatan, di antaranya peresmian kereta pustaka Indonesia, peluncuran kereta wisata Ambarawa – Bedono dan bakti sosial.


Dalam sambutannya Direktur Komersil & IT PT KAI M. Kuncoro Wibowo mengatakan bahwa rangkaian kegiatan tersebut merupakan salah satu cara mendekatkan PT KAI kepada masyarakat melalui sisi edukasi, pariwisata dan sosial. Apalagi PT KAI juga sudah melakukan upaya revitalisasi dan konservasi asetnya seperti stasiun-stasiun tua yang sudah termasuk sebagai cagar budaya.


Ditekankan oleh Kuncoro bahwa bahwa PT KAI berupaya mencerdaskan masyarakat melalui perpustakaan tersebut.
“Kereta Pustaka Indonesia ini akan di tempatkan di museum kereta api Ambarawa. Sehingga pengunjung tidak hanya berkunjung di museum saja tetapi juga bisa menambah ilmu pengetahuan dengan membaca buku-buku yang ada di perpustakaan ini”, imbuh Kuncoro.


Seperti di ketahui bahwa Kereta Pustaka ini menggunakan gerbong bekas yang sudah tidak dipakai. Yang disulap pada sisi interiornya sebagai ruang baca dan perpustakaan.
Pada sisi eksteriornya di tempeli dengan sketsa beberapa stasiun tua seperti Stasiun Jakarta Kota dan Lawangsewu.
Selain itu juga di launching kereta wisata Ambarawa ke Bedono yang sudah vakum selama 3 tahun. Selesai kegiatan para tamu undangan di ajak naik kereta uap seri B 2503 menuju ke Bedono. Seperti diketahui kereta uap berbahan bakar kayu jati yang sudah berusia seratusan tahun ini merupakan primadona yang selalu di tunggu-tunggu oleh masyarakat.

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s