Makam Cina di Tengah Sawah

Standard

Makam Tionghoa ato yang biasa di sebut dengan “bong” biasanya berada di lereng bukit. Hal ini sesuai dengan kepercayaan mereka yang di sesuaikan dengan Hongsui.

Beberapa makam Cina di Magelang berada di perbukitan. Misalnya di Singoranon [Bayeman, sudah di pindah dan sekarang menjadi Kawasan Gladiool], di lereng Bukit Tidar sisi Timur, di Gremeng Ngluwar/Salam dan di Soropadan utara Secang.

Tetapi ada juga makam Cina yang berada di sebuah gumuk kecil, semacam tanah yang yang lebih tinggi dari sekitarnya. Makam Cina Kuno ada di Gumuk Sepikul dusun Kembangan Mertoyudan Magelang

Di tempat ini ada 2 makam kecil yang menghadap ke timur bersisian dengan area persawahan dan jalan kampung. Di lihat dari kondisi makam, terlihat makam ini sudah berusia ratusan tahun. Tetapi sayang di penuhi dengan semak belukar dan tidak terurus.

Makam ini di bawah pepohonan nan rindang dan rumpun bambu. Bentuk makam juga tridak berbentuk tapal kuda sebagaimana layaknya makam-makam Tionghoa lainnya.

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s