Warga Lereng Merapi Temukan Cobek Raksasa

Standard

Dua warga mengukur benda mirip cobek raksasa yang ditemukan di kawasan Gunung Merapi Dusun Trasan, Desa Bringin, Kecamatan Sumbung, Kabupaten Magelang, Jumat (29/7). (Hari Atmoko/dokumen).

Magelang, Antara Jateng – Masyarakat kawasan barat daya puncak Gunung Merapi di Dusun Trasan, Desa Bringin Srumbung Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menemukan benda mirip cobek ukuran raksasa saat menggali tanah untuk pembuatan septictank.

“Waktu itu, kemarin (28/7) sekitar pukul 11.30 WIB kami sedang menggali tanah dengan linggis, tiba-tiba ujung linggis menyentuh batu, dan saya terus menggalinya lalu menemukan cobek besar ini,” kata Maryono (58), seorang warga yang sedang menggali tanah untuk pembuatan septictank di rumah tetangganya, Rohmadi (25), di Magelang, Jumat.

Kabar temuan benda yang diduga peninggalan zaman kuno tersebut segera menyebar kepada warga lainnya sehingga mereka, termasuk aparat kepolisian, berdatangan ke pekarangan rumah Rohmadi itu untuk menyaksikan temuan tersebut.

Temuan cobek raksasa tersebut telah diangkat dari kedalaman tanah sekitar dua meter dengan menggunakan “crane” kecil, milik seorang tetangga yang membuka bengkel tak jauh dari tempat itu.

Cobek itu berdiameter 115 centimeter, tebal bibir delapan centimeter, sedangkan ukuran diameter bagian dalam 98 centimeter, dengan ketinggian 50 centimeter, dan kedalaman lubang cobek sekitar 10 centimeter.

Beberapa batu juga ditemukan di dekat cobek itu, dengan ukuran panjang 26 centimeter, lebar 10 centimeter, dan tebal 11 centimeter.

Seorang pekerja lainnya, Daryoto (55) menyatakan petugas kepolisian sudah mendatangi tempat temuan cobek raksasa tersebut.

Rohmadi menyatakan akan menjadikan temuan itu sebagai hiasan pekarangan rumahnya.

“Silakan kalau pemerintah mau mengambil, tetapi ada ganti ruginya,” ucapnya.

Ia mengatakan tempat itu sebelumnya berupa kebun dengan posisi tanah yang lebih tinggi dengan ditumbuhi pepohonan. Oleh karena akan dibangun rumah, kemudian tanahnya diratakan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Magelang Edy Susanto menyatakan belum mendapatkan laporan terkait dengan temuan tersebut.

Akan tetapi, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk penanganan lebih lanjut atas temuan itu.

Editor: M Hari Atmoko

COPYRIGHT © 2016

sumber : http://www.antarajateng.com/detail/warga-lereng-merapi-temukan-cobek-raksasa.html

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s