Acara Pameran “MAGELANG TEMPO DOELOE” Kembali Di Gelar

Standard


Ribuan pengunjung memadati acara tahunan ini.  Salah satu acara terfavorit masyarakat Magelang ini selalu di tunggu-tunggu keberadaannya. Ya acara Pameran bertajuk “MAGELANG TEMPO DOELOE” 2016 kembali di adakan di Aloon-aloon Kota Magelang. Kegiatan yang di adakan dalam rangka Hari Jadi ke 1109 Magelang ini di gelar selama 3 hari 13-15 Mei 2016.

Sebanyak 75 stand umum dan puluhan stand pameran nampak antusias menyajikan stand-stand yang unik. Di padu padan dengan welit [anyaman daun tebu kering] yang di pasang di setiap standnya, benar-benar mirip dengan suasana tempo doeloe.

“Peserta pameran tersebut di antaranya seperti kuliner, batik, kerajinan, dolanan anak, uang kuno, souvenir, mebel lawas, pameran sketsa, dll yang berasal dari Jogja, Klaten, Temanggung dan magelang sendiri,” tegas Ketua Panitia MTD Ir. Herry Nurjiyanto MM.

Acara Pameran “MAGELANG TEMPO DOELOE” sendiri menyajikan 10 sub acara sebagai penyokong rangkaian kegiatan pameran ini. yaitu :

  • Oendjoek Potrek Tempo Doeloe
  • Oendjoek Angkoetan Lawas
  • Djeladjah Sepeda Toea
  • Remboeg Sedjarah
  • Ritoeal Boedaja
  • Djadjanan Ra’jat
  • Boersa Lawasan & Keradjinan
  • Lajar Tantjap
  • Dolanan Botjah
  • Panggoeng Moesik & Boedaja

Pembukaan pameran di lakukan  pada Jumat malam 13 Mei oleh Walikota Magelang Ir. Sigit Widyonindito MT dengan memukul kentongan yang di hadiri oleh segenap forpimda, anggota dewan, SKPD, tokoh masyarakat, budayawan, akademisi, dll.

Pembukaan acara di iringi oleh Tari Gambyong dan Tari Limbukan oleh Sanggar “Puspa Laksa“ dari SMP Negeri 13 Kota Magelang, koreografer Ibu Endah Widyastuti dan Orkes Kerontjong Klasik “Putra Bangsa” Kelurahan Potrobangsan yang merupakan Juara Lomba Keroncong Antar Kelurahan tingkat Kecamatan Magelang Utara lalu.

Sesudah acara seremonial pembukaan, Walikota beserta tanu undangan melakukan kunjungan ke stand-stand dengan di dampingi oleh Ketua Panitia MTD Ir. Herry Nurjiyanto, MM. Suasana malam hari nampak memperkuat suasana tempo doeloe.

Salah satu sub acara yang menarik adalah fragmen perjuangan yang di gelar oleh Komunitas MGELANG KEMBALI dengan tema perjuangan rakyat Magelang dalam mempertahankan kemerdekaan.

 

Sajian adegan peperangan nampak sangat hidup kala 2kubu yang mewakili repub

lik dan tentara Belanda terlibat dalam pertempuran sengit. Bunyi desingan “peluru” nampak bersahut-sahutan seolah-olah terjadi peperangan yang sesungguhnya.

Dalam sub acara “Djeladjah Sepeda Toea” di hadiri oleh peserta dari luar Magelang, di antaranya dari Purwokerto, Semarang, Kendal, Jogja, Temanggung, dll. Sekitar 500nonthelis mengikuti acara ini, bersepeda tua dengan memakai kostum tempo doeloe berkeliling Kota Magelang. Ketua KOSTI [Komunitas Sepeda Tua Indonesia] Magelang Sani Lais mengatakan “Peserta Djeladjah Sepeda Toea sangat senang menikmati suasana Kota Magelang karena masih banyak bangunan tuanya”.

Peserta DJELADJAH SEPEDA TOEA dari Purwokerto dengan kostum ala Bung Karno

Mobil kuno dengan merek FORD type A buatan tahun 1929 juga nampak tersanding apik di rerumputan Aloon-aloon. Mobil ini sangat unik karena masih memakai pelek dengan jeruji mirip dengan sepeda sehingga banyak masyarakat yang antusias berfoto di depan mobil ini. “Mobil ini sangat unik karena masih memakai jeruji”, jawab Susilo Anggoro dari PPMKI [Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia].

 

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s