KOTA TOEA MAGELNG jelajahi Kawasan Pecinan Temanggung

Standard

Sekitar 125 orang mengikuti DJELADJAH PETJINAN #4 : TEMANGGOENG yang di adakan di kawasan dalam kota Temanggung. Dengan mengambil titik kumpul di depan Klenteng Liong Hok Bio Magelang peserta satu per satu mulai berdatangan di Minggu pagi nan cerah itu

.

Peserta mendaftar ulang

Kegiatan rutin tahunan komunitas KOTA TOEA MAGELANG bisa dikatakan di luar dugaan dengan antusias peserta yang hadir. Kegiatan yang di adakan 28 Februari 2016 lalu itu sangat menarik minat masyarakat untuk mengikutinya terutama untuk menjelajahi berbagai peninggalan masyarakat Tionghoa di Temanggung.

Peserta yang datang tidak hanya dari Magelang saja, akan tetapi ada yang hadir dari Jogja, Purworejo, Jakarta, Surabaya dan Wonosobo.

Dengan dresscode warna merah nampak menyolok mata dan sesuai dengan suasana Imlek beberapa hari sebelumnya. Dengan berjalan kaki/heritage trail menempuh jarak sejauh 2 km mengunjungi eksotidme Temanggung.

Di Aloon-aloon Temanggung

Lokasi pertama yang di kunjungi adalah Masjid Kauman Darussalam Temanggung di mana di belakang masjid ini terdapat makam bupati Temanggung yang pertama yaitu Tjokronegoro. Beliaulah pendiri dan peletak dasar Temanggung.

Mendapat kenang-kenangan dari Takmir masjid

Lokasi kedua yaitu ke rumah tua nan eksotis milik keluarga Lie [The House of Lie] yang ada di jalan Diponegoro.

Dengan pak Kuswantono S selaku pemilik rumah Keluarga Lie

Pabrik Cerutu Rizona menjadi target kunjungan berikutnya. pabrik yang didirikan oleh Ho Tjon An ini sudah berdiri sejak 100 tahun yang lalu, tepatnya sejak tahun 1908.

Stasiun Temanggung jadi lokasi jelajah berikutnya. Bangunan ini masih nampak megah dan masih dapat di saksikan sisa kejayaaannya.

Klenteng Kong Ling Bio Temanggung

 

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s