Borubudur menginspirasi Rabindranath Tagore

Standard

Rabindranath Tagore bij de Boroboedoer bij Magelang 1927
(kitlv.nl)

Borobudur telah menjadi inspirasi bagi para maestro dalam menciptakan karya-karya seni yang beragam dan tak terhitung jumlahnya. Bahkan, seorang pujangga besar dari India, Rabindranath Tagore (1861 -1941) pernah menulis syair indah tentang Borobudur. Pujangga ini yang juga pemenang Nobel pertama di luar orang Eropa, menuliskan bait akhir syairnya sebagai berikut (terjemahan bebas) :

“Manusia kini tak punya damai, hatinya kering akan kebanggaan selalu mendambakan percepatan dalam hingar bingar mengejar benda-benda yang tiada henti berlari dan tanpa punya makna Hingga nanti pada suatu saat, ia membutuhkan keheningan yang berdiri tegar di tengah abad-abad bergolak kebisingan sampai akhirnya ia yakin, di dalam lautan cinta yang tak terukur ada makna terdalam kebebasan yang doanya : Biarlah Budha menjadi pelindungku”

Syair ini ditulis ketika Rabindranath Tagore mengunjungi Borobudur pada tanggal 23 September 1927.

[pen : evan java]

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s