Mac Gillavry Ambarawa, pabrik Rokok yang pernah berjaya

Standard

Merchandise ex N.V. “Cigarettenfabriek H.D. Mac Gillavry Djatiroenggo” (Ambarawa)

Di Ambarawa thn 1920-an pernah berdiri pabrik sigaret Mac Gillavry yang cukup terkenal di area Kedu maupun Jawa. Kemajuan ini selain dari sisi kekuatan industrinya juga ditopang oleh usaha2 Marketing yang dalam kaca mata sekarang pun terbilang maju, antara lain berupa bermacam2 merchandise atau item2 promosi yang bisa diperoleh pelanggan setelah mengumpulkan jumlah pembelian tertentu. Item2 tsb sampai sekarang masih bisa ditemukan di pedagang barang lawasan seperti pulpen, dadu, almanak, pisau lipat dll.

Di foto2 berikut ini di sharing semacam buku katalog merchandisenya Mac Gillavry terbitan era 1920-an..Jenis item2 promosinya menurut saya lebih menarik daripada item2 promosi di katalog penukaran point kartu kredit jaman sekarang..Jumlah poin diistilahkan sebagai bon besar dan bon kecil. Sistemnya seperti apa, mungkin para sedherek disini bisa memberikan pencerahan lebih lanjut.

Selain merchandise item, Mac Gillavry juga rutin membuat buku almanak tiap tahunnya sebagai alat promosi juga. Seperti Almanak terbitan tahun 1926.


[sumber foto & materi tulisan : Rahman Ardhianto]

 

 

 

 

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s