Plengkung, Bangunan Bersejarah yang Terancam Rusak karena Vandalisme

Standard

Plengkung, siapa yang tidak kenal dengan bangunan nan eksotis ini. Bangunan fenomenal yang di bangun pada tahun 1883 ini masih berdiri tegak hingga kini. Bangunan setinggi 7 meter ini pada bagian atasnya merupakan selokan air yang bernama ‘boog kotta leiding” atau terkenal sengan sebutan Kali Kota. Nah Kali Kota ini berfungsi untuk mengalirkan air irigasi dengan sumber dari kali manggis yang ada di Pucangsari. Mengalir sejauh 5 km menuju ke Kampung jambon.

Yang menarik adalah posisi adalah boog kali kota posisinya lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Dan pada bagian tertentu, pada bagian bawahnya terdapat terowongan yang si sebut dengan Plengkung. Plengkung di buat karena ada jalan yang melintas di bawah boog kali kota tsb. Nah pada aliran air dari boog kali kota tersebut terdapat 3 Plengkung, yaitu Plengkung Baru di Badaan, Plengkung Lama di dekat SMK 3 [jl. Piere Tendean] dan Plengkung Tengkon di Jl. Daha.

Plengkung Baru

Plengkung Lama

Plengkung Tengkon

Tetapi sangat di sayangkan bahwa Keajaiban yang di miliki Kota Magelang ini kini terancam rusak oleh ulah tangan-tangan jahil para vandal. Seperti beberapa foto di bawah ini.

Upaya Pemkot Magelang sebenarnya sudah semaksimal mungkin dalam upaya mengurangi aksi vandalisme ini. Salah satunya adalah selalu mengecat kembali aksi coret-coret ini. Akan tetapi ketika sudah bersih maka aksi ini kembali lagi mengotori Plengkung.

Aksi vandalisme biasanya di lakukan pada malam hari di saat sepi. Tentu saja aksi ini tidak diperkenankan apaun alasannya, karena sudah mengganggu ketertiban dan mengancam kelestaraian Plengkung sebagai cagar budaya.

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s