Bayeman, kawasan elit di masanya

Standard

Bayeman, sebuah nama kawasan si wilayah Kota Magelang. Sebuah kawasan yang ada di sisi barat laut sari Bukit Tidar dan beberapa ratuys meter dari Aloon-aloon Kota Magelang. Nama kampung ini sudah ada sejak jaman Magelang masih berwujud Kademangan. Bahkan dalam beberapa literatur nama kampung ini dapat di ketemikan. Pada jaman dulu Bayeman merupakan perkebunan tanaman bayam. Sehingga kawasan ini di sebut dengan Bayeman.

Sebuah jalan membelah kawasan ini dari selatan menuju ke utara. Di jaman Belanda, sepanjang jalan ini menjadi hunian eksklusif bagi orang-orang Belanda. Rumah-rumah nan cantik dengan berbagai arsitekturnya mulai di bangun. Apalagi kondisi tanah yang memungkinkan para pemilik rumah bisa membangun rumah dengan menghadap ke Gunung Sumbing dan Perbukitan Giyanti di sebelah barat.

tahun 1910

 

Dahulu di awal tahun 1900 ruas jalan Bayeman ini bernama “moordenaarslaan”, yang artinya jalan yang mengerikan. Karena saat dulu kondisi jalan masih sempit, berwujud tanah dan pada sisi barat merupakan jurang. Seringkali kendaraan bermotor terperosok ke jurang tsb.

Jalan Bayeman ini pada masanya pada sisi jalan kanan dan kirinya banyak tumbuh pohon Asem dan Kenari, sehingga terasa teduh ketika masyarakat melewati jalan ini.

Jalan Bayeman tahun 1950an

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s