Tentang RST [Rumah Sakit Tentara] Magelang di tahun 1900

Standard

TENTANG RST (suasana dimalam hari)

Bagaimana keadaan RST saat awal-awal mulai digunakan? Yuk membayangkan keadaan saat itu. Penggambaran ini menurut catatan harian Dr. H. Breitenstein dalam buku 21 tahun di Hindia, bagian ke-2 : Jawa, terbit tahun 1900, Leipzig.

Pada tanggal 1 November 1892 rumah sakit lama itu ditinggalkan dan pindah ke bangunan baru di utara tangsi.

Rumah sakit baru ini sangat luas dan mempunyai garis udara dari utara ke selatan sejauh 450 meter dan dari timur ke barat sejauh 200 meter. Dalam situasi normal, ‘Doctor der Wacht’ (dokter jaga malam) melakukan kunjungan tiap malam 2 kali putaran ke tiap ruang pasien dan ke tiap tempat tidur pasien. Tiap putaran ia menempuh jarak 3 km dan memerlukan waktu 45 menit. Tiap malam setidaknya ia harus menempuh jarak 7-8 km untuk menjalankan tugasnya itu.

Pencahayaan saat itu masih buruk. Kamar pasien tidak membutuhkan pencahayaan terlalu banyak karena para pasien harus tidur pukul 9 malam. Karena permukaan tanah yang naik turun maka terdapat anak tangga disana sini. Kepala rumah sakit yang pertama memutuskan untuk mengecatnya dengan warna hitam dan putih dan diatasnya digantungi lampu-lampu minyak. Namun lampu-lampu minyak sangat kecil dan tidak cukup untuk menerangi dokter jaga malam yang harus melakukan kunjungan ke pasien sehingga akhirnya anak-anak tangga dihilangkan dan diganti dengan korindor yang memanjang dengan tanjakan dan turunan dan beratap.

* gambar denah : dari buku tahun 1900
* foto : tahun 2015

[eva mentari cristhop]

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s