Sekilas KOTA TOEA MAGELANG

Standard

KOTA TOEA MAGELANG atau KOmoenitas petjinTa & pelestAri bangoenan TOEA di MAGELANG merupakan sebuah komunitas yang berupaya untuk lebih menggali informasi tentang SEJARAH/HISTORY dan berusaha melestarikan berbagai peninggalan CAGAR BUDAYA/HERITAGE (tangible dan intangible) yang ada di Magelang dan sekitarnya.

Komunitas ini tidak hanya menitikberatkan pada bangunan tua berupa peninggalan jaman Hindu, Budha, Islam, Tionghoa ataupun Kolonial, namun juga mengulik info berupa heritage/pusaka yang bersifat intangible seputar Magelang dan sekitarnya.

KOTA TOEA MAGELANG mulai berdiri pada bulan November 2008 di Magelang. Beberapa even yang pernah di selenggarakan bisa berupa diskusi, sarasehan, jelajah, pameran, perawatan bangunan tua, hunting, pendokumentasian, pengarsipan dll.

KOTA TOEA MAGELANG mempunyai slogan:
“SAVE HERITAGE & HISTORY IN MAGELANG”

Beberapa event yang pernah diadakan adalah:
– Pameran Magelang Tempo Doeloe,
– Djeladjah Kota Toea,
– Remboeg KOTA TOEA,
– 89 Taoen Mertjoe Aer Minoem,
– Remboeg Sedjarah,
– Djeladjah Plengkoeng
– Perbioskopan Magelang
– Djeladjah Djaloer Spoor,
– 100 Tahoen Boemi Poetra,
– 100 Tahoen SMPN 1 Magelang
– Djeladjah Kali Manggis,
– Djeladjah Sitoes dan Tjandi Di Setjang,
– Kaoeman : Kampoeng Tempo Doeloe, dll.

MORE INFO:
1. soerat choesoes :
– kotatoeamagelang@ymail.com
– kotatoeamagelang@groups.facebook.com
– bagus_priyana@yahoo.co.id

2. sitoes :
www.kotatoeamagelang.wordpress.com
https://twitter.com/kotatoea_MGL

3. perhoeboengan :
– 0878 32 6262 69 (BAGUS PRIYANA)

‪#‎PENTING‬:
info aturan main posting di grup KTM ini:

1. TIDAK BOLEH ADA PROMO IKLAN BISNIS yaa termasuk tidak untuk kampanye parpol dalam bentuk apapun…. (untuk yang mau iklan bisnis / kampanye sudah disediakan di grup “Magelang” yang lain)

2. grup ini bersifat lebih menggali info heritage/pusaka (tangible dan intangible), khususnya yang ada di sekitar kawasan Magelang dan sekitarnya. Barangkali ada info sejarah atau pengalaman pribadi mengenai heritage/pusaka bisa di-share.

3. namun tidak menutup kemungkinan berbagi info yang lain, namun terkait dengan heritage/pusaka.

4. kalau upload foto bukan milik sendiri, wajib mencantumkan sumbernya.

5. Admin berhak menghapus postingan member grup KTM yang menimbulkan konflik SARA atau konflik dalam bentuk apapun (personal – non personal) yang tidak ada kaitannya dengan diskusi Heritage.

Terimakasih atas perhatiannya.

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

One response »

  1. salam. saya dimas joko, seorang penulis, satu dari sepuluh penulis terpilih gramedia writing project batch 2 tahun 2014. sekarang sedang menyusun novel religi sejarah dengan latar magelang, jogja dan merapi era 1900-orba. saya harus meneliti data yang sangat besar, penting, dan tidak boleh diabaikan. sementara, saya memiliki keterbatasan. untuk itulah, saya sangat berterima kasih atas keberadaan situs ini. sebagian data sudah saya simpan untuk dipelajari dan dipergunakan jika diperlukan. saya memohon izin admin untuk hal ini. data yang saya butuhkan meliputi deskripsi tentang kota tua magelang zaman belanda, meliputi orang, nama gedung, tempat, kebiasaan, budaya, dan sejenisnya. terima kasih. saya share situs ini di fb dengan harapan bisa menyambung silaturahim lebih lanjut dan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s