AGENDA KOTA TOEA MAGELANG MINGGU WAGE 16 NOVEMBER 2014 ‘BIKE TO MUSEUM’

Standard

AGENDA KOTA TOEA MAGELANG – 16 November 2014

Kota Magelang di kenal juga sebagai kota perjuangan, bukan hanya karena di kota ini terdapat tangsi militer yang sudah ada sejak jaman Belanda. Akan tetapi tempat ini juga menjadi tempat perlawanan, dan perjuangan anak bangsa, baik di jaman kolonial, kemerdekaan dan pasca kemerdekaan.

Berbagai peninggalan di jaman itu masih dapat kita saksikan hingga kini dalam bentuk museum. Tidak hanya sekedar menjadi tempat penyimpanan benda sejarah semata, akan tetapi museum tersebut juga merupakan sebuah rangkaian cerita besar dan bernilai tinggi bagi bangsa ini. Museum-museum inilah yang membuktikan bahwa Magelang merupakan kota terpenting dalam kisah perjalanan bangsa ini, seperti halnya Museum Jenderal Sudirman, Museum Bumiputera, Museum Taruna Abdul Djalil, Museum Diponegoro dan Museum BPK.

Jika anda ingin mengunjungi dan belajar langsung tentang perjuangan anak bangsa ini melalui museum, ayo ikuti event yang merupakan kerja sama dengan kantor DISPORABUDPAR/DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN & PARIWISATA KOTA MAGELANG berikut ini :

#ACARA
– Nama Acara : DJELADJAH MOESEOEM PERDJOEANGAN/BIKE TO MUSEUM

#PADA
– Waktu : Minggu Wage, 16 November 2014
– Jam : 06.30 – 15.00 WIB
– Tempat Kumpul : halaman parkir Alfamart Jl. Pahlawan Botton [depan SMPN 1 Magelang]

#KONTRIBUSI
– Kontribusi : Rp 15.000,-
– Fasilitas : air mineral dan sepeda

#PENDAFTARAN & #INFO
Cara pendaftaran :
ketik : MUSEUM [spasi] Nama Anda
kirim ke 0878 32 6262 69 [Bagus Priyana].

#NB :
1. Jumlah peserta di batasi sejumlah 50 orang di karenakan jumlah sepeda yang kami sediakan hanya sebanyak 50 buah. Karena itu untuk peserta DJELADJAH MOESEOEM PERDJOEANGAN” akan kami prioritaskan untuk kawan-kawan yang telah mengikuti event Remboeg Sedjarah “Melacak Toponim Nama Kampung Tempo Dulu di Kota Magelang” yang telah dilaksanakan pada tanggal 6 November 2014 yang lalu di Gedung Bumi Kyai Sepanjang.

Jika ada peserta DJELADJAH yang mendaftar tetapi tidak mengikuti acara Remboeg Sedjarah 6 November yang lalu maka kami mengenakan “daftar tunggu”, yaitu peserta tersebut menunggu jika ada sisa kuota sepeda yang kami sediakan

2. Calon peserta yang mendaftar akan kami beri nomer pendaftaran. Jika sudah resmi mendapat nomer pendaftaran maka calon peserta tersebut telah resmi tercatat pada data pendaftaran kami. Jika belum mendapat nomer pendaftaran maka calon peserta tersebut merupakan “daftar tunggu”.

Pendaftaran peserta sampai dengan hari Jumat 14 November 2014 jam 18.00 WIB. Dan peserta resmi akan kami hubungi lagi sebagai konfirmasi kegiatan pada hari Sabtu 15 November 2014.

3. Bagi peserta yang bersepeda motor wajib memarkirkan kendaraannya di halaman parkir Nikita Futsal [sebelah utara SMPN 1 Magelang di Jl. Pahlawan Botton.

4. Rencana agenda kegiatan sbb :
– Jam 06.30 – 07.15 : daftar ulang peserta dan pembayaran kontribusi.
– Jam 07.15 – 07.30 : briefing dari panitia dan pemaparan petunjuk teknis
– Jam 07,30 – 07.45 : perjalanan menuju Museum Jenderal Sudirman di kawasan Badaan.
– Jam 08.00 : pelepasan peserta oleh panitia dari kantor Disporabudpar Kota Magelang.
– Jam 08.00 – 12.00 : pejalanan DJELADJAH MOESEOEM PERDJOEANGAN sejauh kira-kira 10 km dengan rute sbb :
Museum Jenderal Sudirman [start]- kawasan tangsi militer Rindam – Museum Bumiputera – Aloon-aloon – Jl. Pemuda – Jl. Tidar – Jl. Gatot Subroto – Museum Taruna Abdul Djalil – TMP Giridarmoloyo – Jl. Gatot Subroto -Jl. Tentara Pelajar – Aloon-aloon – Jl. Veteran – Museum Diponegoro – Museum BPK – Jl. Pahlawan – Museum Jenderal Sudirman [finish]

5. Pakaian bebas dan nyaman, sangat di anjurkan jika memakai pakaian bertema perjuangan. Jangan lupa memakai handuk kecil untuk penyeka keringat dan kaos/baju cadangan.

6. Membawa mantol / payung (mengingat memasuki musim hujan)

7. Sesudah sampai di finish [Museum Sudirman] pada jam 12.00 WIB peserta akan di hibur oleh pementasan Wayang Slumpring oleh dalang Ki Sambi.

8. Dilanjutkan dengan “SARASEHAN SEJARAH DAN BUDAYA” bertema “MENGUAK SEJARAH PALAGAN MAGELANG/PERTEMPURAN 3 HARI 2 MALAM” pada jam 13.00-14.00 WIB dengan nara sumber yang kompeten di bidangnya.

9. Acara akan di akhiri dengan pementasan fragmen perjuangan bertema “PALAGAN MAGELANG” oleh kawan-kawan dari komunitas MAGELANG KEMBALI” kira-kira pada jam 14.00 WIB.

10. Info acara dan pendaftaran 0878 32 6262 69 [Bagus Priyana]

SAVE HISTORY & HERITAGE IN MAGELANGAGENDA KOTA TOEA MAGELANG – 16 November 2014

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s