Agenda event KOTA TOEA MAGELANG – Kamis 6 NOVEMBER 2014 dengan tema “MELACAK TOPONIM NAMA KAMPUNG TEMPO DULU DI KOTA MAGELANG”

Standard

Agenda KOTA TOEA MAGELANG – 6 NOVEMBER 2014

Wilayah Kota Magelang sudah menjadi pemukiman sejak seribu tahun yang lalu. Dengan di kelilingi oleh 7 gunung dan 2 sungai besar menjadikan wilayah subur ini menjadi tempat hunian yang nyaman. Dari mulanya hanya beberapa rumah saja maka menjelma menjadi sebuah dusun, desa, kademangan dan seterusnya hingga menjadi kota seperti sekarang ini. Dari jaman Hindu, Budha, kolonial, kemerdekaan dan sampai kini tempat ini menjadi wilayah penting di masanya.

Nama-nama kampung pun bermunculan dengan nama-nama yang di ambil sesuai kondisi di saat itu dengan berlatar belakang nama tokoh, golongan, pekerjaan, tetumbuhan, tempat, peristiwa, kondisi geografis, dll. Seperti halnya Kebonpolo, Botton Kopen, Meteseh, Potrobangsan, Cacaban, Ngupasan, Kemirirejo, Tegalsari, Magersari, Jaranan, Pawirokusuman, Badaan, dan lain-lain.

Lalu seperti apakah sebenarnya asal mula / toponim penamaan kampung-kampung tua di masa lalu di wilayah Kota Magelang? Anda penasaran dan ingin tahu tentang asal mula penamaan kampung-kampung tersebut?

Ayo ikuti event ini yang merupakan kerja sama antara Kantor Perpustakaan, Arsip & Dokumentasi / PAD Kota Magelang dengan Komunitas KOTA TOEA MAGELANG dalam rangka memeriahkan FEStival BUKu (FESBUK) 6 – 10 November 2014 di Gedung Bumi Kyai Sepanjang.

#ACARA
– Acara : REMBOEG SEDJARAH dengan tema “MELACAK TOPONIM NAMA KAMPUNG TEMPO DULU DI KOTA MAGELANG”

#PADA
– Waktu : Kamis, 6 November 2014 – Jam : 18.30-20.30 WIB
– Tempat : panggung dalam Gedung Bumi Kyai Sepanjang Jl. Kartini No. 4 Kota Magelang [300 meter sebelah barat Aloon-aloon]

#KONTRIBUSI
– Kontribusi : Rp 5.000,- [fasilitas : materi makalah]

#PENDAFTARAN dan #INFO
Ketik : KAMPOENG [spasi] NAMA ANDA
kirim ke : 0878 32 6262 69

Pendaftaran ditutup sampai dengan hari Rabu 5 November 2014.

Kenali kotamu, pelajari sejarahnya dan cintai bangsamu !
SAVE HISTORY & HERITAGE !

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s