MAGELANG TEMPO DOELOE : RELI MOTOR

Standard

MAGELANG TEMPO DOELOE


Suasana sebuah reli motor di Magelang pada kisaran tahun 1920 – 1930an. Tampak seorang peserta lomba sedang berhenti dan di tonton oleh banyak orang di depan sebuah jalan yang bernama Grooteweg Noord Pontjol [sekarang Jl. A Yani Poncol].
Pada latar belakang/kiri nampak sebuah bangunan toko yang bernama “LIAUW YAUW NING”, sebuah toko di bidang fotografer milik Liauw Yauw Ning. Toko ini sekarang menjadi Toko “Lonceng Magelang/LOMA” di Jl. A Yani depan Wisma Diponegoro.
Di sebelah kanan Toko “Liauw Yauw Ning” tepatnya di depan Toko “Liong Ho Ging ” ini terdapat sebuah stasiun pompa bensin khusus untuk sepeda motor. Toko “Liong Ho Ging” ini pada tahun 1945an menjadi Toko “Bi Sing Ho” yang terkenal dengan es krim dan rotinya. Toko “Bi Sing Ho” ini sekarang menjadi agen bis dan penjualan roti serta es krim.
Sedangkan bangunan di sebelah kanan merupakan bangunan bagian dari Toko Hezzelink yang menjadi sekretariat dari ” Magelang Vooruit”. Toko ini sekarang menjadi agen travel “Soma Motor”.
[foto : koleksi Pribadi]

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s