Peta Hijau Petakan Sosial Dan Budaya di Kota Magelang.

Standard

 

PETA HIJAU. Peserta sedang berdiskusi dalam pembuatan peta hijau Magelang yang diselengarakan oleh Komunitas Kota Toea Magelang untuk memetakan kehidupan sosial dan budaya di Magelang.
 
MAGELANG TENGAH- Komunitas Kota Toea Magelang sebuah komunitas yang bergerak di cagar budaya heritage Magelang mengadakan kegiatan pembuatan peta hijau (Green Map)  Magelang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Komplek Bakorwil II Gedung eks Karisidenan Kedu Magelang, Minggu (12/01).

 

Narasumber kegiatan tersebut, Elanto Wijoyono dari Komunitas Peta Hijau Jogjakarta, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membuat profil suatu kawasan yang dibuat dalam bentuk peta. Adapun yang dipetakan tidak hanya berwujud bangunan fisik saja, melainkan juga isu budaya dan sosial.

 

 “Peta hijau ini secara fisik mirip dengan peta pada umumnya, namun di dalam peta hijau penyajiannya lebih lengkap.

 

Karena terdapat unsur budaya, sejarah, serta kegiatan masyarakat saat ini. Bias dikatakan dalam peta hijua memuat lebih detail informasi baik masa lalu maupun kekinian atau saat ini,” ucap Elanto.

 

Peta hijau mengajak warga untuk menjelajahi potensi suatu daerah, mensosialisasikan tempat-tempat pendidikan, kampong tradisional, museum, tempat pertunjukan, wisata alternative, sarana transportasi, pusat kerajinan, daur ulang sampah, bangunan bersejarah dan lain-lain.

 

“Tidak jarang warga masyarakat sebuah wilayah tidak mengenal lebih dalam wilayahnya sendiri, hal inilah yang menjadi pokok tujuan peta hijau menghadirkan informasi yang mendidik kepada masyarakat.

 

Tidak hanya budaya saat ini saja akan tetapi juga budaya jaman dulu baik yang masih dilestarikan atau yang sudah punah disuatu wilayah itu,” terang Elanto.

 

Dalam kegiatan pembuatan peta hijau Magelang, peserta yang hadir dibagi dalam empat kelompok, yaitu sejarah Magelang, perubahan Kota Magelang, kalender kegiatan Magelang, dan jadwal sehari.

 

“Pembagian kelompok itu bertujuan untuk membagi kriteria materi yang akan dipetakan, misalnya kelompok jadwal sehari memetakan kegiatan sehari-hari penduduk suaru wilayah baik jaman dulu maupun saat ini.  

 

Penentuan titik-titik lokasi berdasarkan survey dan informasi masyarakat, baik individu maupun komunitas. Setelah peserta berdiskusi di kelompoknya masing-masing, kemudian dipaparkan di depan semua kelompok, selanjutnya dikuatkan dengan survey kelapangan dan masyarakat,” jelas Elanto.
 
.

 

Koordinator Komunitas Kota Toea Magelang, Bagus Priyana, menuturkan,pembuatan peta hijau ini bersinergi dengan tujuan Komunitas Kota Toea Magelang, karena terkait erat dengan perkembangan sosial dan budaya masyarakat Magelang dari waktu ke waktu.

 

“Dengan dipeta hijaukan, akan lebih mudah meberi informasi, terutama kaitannya dengan budaya, misalnya kegiatan tradisional apa yang masih lestari di Magelang dan sebaliknya.

 

Atau bangunan tua bersejarah yang berubah fungsi menjadi apa saat ini, atau malah bangunan bersejarah tersebut hilang. Informasi ini dapat menjadi penambah pengetahuan bagi masyarakat, pemerintah atau wisatawan untuk menjaga sejarah sosial dan budaya Magelang yang kaya ini,” tutur Bagus.(mg1).
Pengirim :  di Kutip dari Magelang Ekspress dengan penulis Chandra Yoga Kusuma,

 

 

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s