Mengenal KOTA TOEA MAGELANG

Standard
Foto Sampul

KOTA TOEA MAGELANG atau KOmoenitas petjinTa & pelestAri bangoenan TOEA di MAGELANG merupakan sebuah komunitas yang berupaya untuk lebih menggali informasi tentang SEJARAH/HISTORY dan berusaha melestarikan berbagai peninggalan CAGAR BUDAYA/HERITAGE (tangible dan intangible) yang ada di Magelang dan sekitarnya.

Komunitas ini tidak hanya menitikberatkan pada bangunan tua berupa peninggalan jaman Hindu, Budha, Islam, Tionghoa ataupun Kolonial, namun juga mengulik info berupa heritage/pusaka yang bersifat intangible seputar Magelang dan sekitarnya.

KOTA TOEA MAGELANG mulai berdiri pada bulan November 2008 di Magelang. Beberapa even yang pernah di selenggarakan bisa berupa diskusi, sarasehan, jelajah, pameran, perawatan bangunan tua, workshop, hunting, pendokumentasian, pengarsipan dll.

KOTA TOEA MAGELANG mempunyai slogan:
“SAVE HERITAGE & HISTORY IN MAGELANG”

MORE INFO:
1. email:
– kotatoeamagelang@ymail.com
– bagus_priyana@yahoo.co.id
dan kotatoeamagelang@groups.facebook.com,

2. blog: www.kotatoeamagelang.wordpress.com

CP : 0878 32 6262 69 (BAGUS PRIYANA)

JAJAH DESO MILANG KORI
Salah satu jenis kegiatan yang dilakukan Koemunitas Kota Toea adalah DJELADJAH.Kegiatan ini berupa penjelajahan suatu tempat(lokasi) bangoenan toea dan atau situs(bersejarah) yang dinilai mempunyai nilai sejarah yang tinggi dilanjutkan dengan penelusuran dengan cara melakuan investigasi tentang asal-usul,legenda,mithos,fungsi juga tentang 5 W(what,who,where,when,why) dan 1 H(how).Cara model investigasi 5 W dan 1 H ini dicomot dari kiat jurnalistik dalam menggali sebuah sumber.
Dengan cara ini diharapkan kegiatan DJELADJAH tidak hanya sekedar jalan-jalan di alam terbuka an sich tapi juga (harus) mempunyai fungsi pendidikkan terutama pendidikkan sejarah.Maka dengan melakukan(mengikuti) kegiatan DJELADJAH kita diharapkan bisa mengenal dan mengetahui sejarah suatu situs(tempat bersejarah,benda, bangoenan toea).
Tapi apa arti kata DJELADJAH sendiri?.Mengapa menggunakan istilah ini? Mari kita bahas lebih lanjut.Orang Jawa mempunyai ungkapan yang pas untuk menjelaskan arti kata DJELADJAH. Ungkapan itu berbunyi,”JAJAH DESO MILANG KORI) yang terjemahan bebasnya adalah menjelajah desa menghitung pintu(baca: rumah).Arti menghitung rumah harus dipahami lebih luas lagi.Tidak cuma cukup puas mengetahui jumlah rumah di suatu desa tapi juga harus mengetahui data di masing-masing rumah,seperti melakukan sensus.Jadi kegiatan yang dilakukan komunitas ini tidak sekedar jalan-jalan di alam terbuka an sich tapi harus lebih jauh lagi yaitu melakukan investigasi terhadap obyek jelajah.
Sebenarnya kegiatan DJELADJAH sudah tidak asing bagi Anda,mungkin tanpa disadari Anda pernah melakukan dalam hidup Anda cuma bentuknya berbeda.Pernahkan Anda mengikuti kegiatan pramuka?Pernahkahjuga Anda mengikuti kegiatan pecinta alam?atau hiking,travelling, climbing atau sekedar studi tur atau ziarah? Nah, berbagai kegiata tersebut diadopsi, diadaptasi dan diakuisasi dalam kegiatan DJELADJAH.Cuma dalam kegiatan DJELADJAH dilakukan lebih serius meskipun tidak meninggalkan suasana santai.
Kegiatan DJELADJAH dilakukan secara santai,itu jelas.Berjalan di alam terbuka, menghirup udara segar bebas polusi,menikmati pemandangan indah nan menakjubkan, juga ,masih bisa cipika cipiki dengan teman dekat sehingga Anda tidak mendengarkan keterangan yang disampaikan guide atau instruktur.Kita lantas teringat saat mencari jejak atau jurit malam atau ketika kemping masa sekolah dulu. Atau kita teringat ketika jalan-jalan ke obyek wisata, atau teringat ketika kita tersesat di hutan? Atau kita malah teringat saat ziarah dengan ibu-ibu kelompok Yassinan di kamoung tempat Anda tinggal?
even yang pernah digelar :
01.Djeladjah Water Toren ( 5 dan 12 April 2009).
02.Djeladjah Mertjoe Aer Minoem( 2 Mei 2009 ).
03.Djeladjah 90 tahoen Water Toren( 2 Mei 2010 ).
04.Djeladjah Kota Toea ( Januari 2011 ).
05.Djeladjah Kali Manggis (awal tahun 2012 ).
06.Djeladjah Sitoes dan Tjandi 1 ( Januari 2012 ).
07.Djeladjah Djaloer Spoor 1 ( Januari 2012 ).
08. Djeladjah 100 Tahun Asoeransi Boemi Poetra (12 Pebruari 2012 ).
09.Djeladjqh 100 Tahun SMP Negeri 1 Magelang ( Maret 2012 ).
10. Djeladjah Petjinan ( 18 Pebruari 2013 ).
11. Djeladjah Spoor 2 ( Juni 2013 ).
12. Djeladjah Plengkoeng ( 7 Juli 2013 ).
13.

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s