Agenda Acara KOTA TOEA MAGELANG – Minggu 22 DESEMBER 2013

Standard

Di akhir tahun 2013 komunitas KOTA TOEA MAGELANG kembali mengadakan kegiatan bertema history dan heritage. Event bulanan ini di adakan salah satunya untuk menyambut “Tahun Pusaka Indonesia 2013”. Dan yang istimewa event ini merupakan event KOTA TOEA MAGELANG yang di gelar ke 14 kali di sepanjang tahun 2013 ini !

Acara ini merupakan kegiatan akhir tahun sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan Tahun Pusaka Indonesia 2013. Yang istimewa adalah kegiatan terakhir di tahun 2013 ini adalah berupa pemaparan hasil disertasi dari Wahyu Utami yang baru saja pada 9 Desember lalu meraih gelar Doktor dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Jogjakarta. Pemaparan disertasi yang pernah di sampaikan dalam ujian terbuka di UGM ini juga akan “di bagikan” kepada Kerabat KOTA TOEA MAGELANG. Wahyu Utami adalah perempuan asli Kota Magelang yang berhasil meraih gelar doktornya dalam usia sekitar 39 tahun. Hasil penelitiannya dalam waktu 5 tahun tidaklah sia-sia yang akhirnya menghantarkannya dengah meraih doktornya dengan judul “KONSEP SAUJANA KOTA MAGELANG’.

Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa yang di maksud dengan “KONSEP SAUJANA KOTA MAGELANG”?

Simak artikel publikasi di bawah ini.

Kota Magelang terletak di ketinggian kurang lebih 375 dpl yang berada di cekungan gunung yang mengelilinginya [gunung Merapi, Merbabu, Prahu, Telomoyo, Sindoro, Sumbing dan Andong] serta Pegunungan Menoreh di selatan serta Perbukitan Giyanti di barat. Di tengah-tengahnya terdapat Bukit Tidar yang dipercaya sebagai pakuning tanah Jawa. 2 sungai besar mengalir membelahnya, yaitu Sungai Progo dan Elo.

Kondisi alam menginspirasi masyarakat Magelang dalam mengembangkan kotanya. 7 gunung yang mengelilinginya membentuk tempat-tempat suci dengan fungsinya masing-masing, yang didukung dengan tanah yang subur dan strategis karena berada di jalur utama. Selain itu karena letaknya berada di lembah memungkinkan terbentuknya panorama yang indah.

Alam dengan potensinya serta kondisi geografis yang unik telah memberi inspirasi pada masyarakat untuk mengembangkan ruang-ruang kota dengan fungsinya masing-masing seperti pemerintahan, pertahanan militer, lahan pertanian dan perkebunan serta tempat untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alamnya.

Jika anda tertarik ingin memahami tentang Kota Magelang sebagai sebuah saujana yang pantas anda ketahui, ayo ikuti acara dari Komunitas KOTA TOEA MAGELANG berikut ini :

Acara : “KONSEP SAUJANA KOTA MAGELANG”

– Nara sumber : Dr. Wahyu Utami (Pemerhati Heritage Magelang)
– Hari/tanggal : Minggu, 22 Desember 2013
– Jam : 09.00 – 12.00 WIB
– Tempat : Museum BPK Kompleks gedung Eks Karesidenan Kedu/Bakorwil Jl. Diponegoro No. 1 Kota Magelang.

Cara pendaftaran :
ketik SAUJANA [spasi] Nama Anda,
kirim ke: 0878 32 6262 69

G R A T I S …. !!!!

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s