UGM dan KOTA TOEA MAGELANG Data Bangunan Tua di Magelang

Standard

MAGELANG, KOMPAS.com – Bangunan tua era kolonial Belanda yang ada di Kota Magelang, Jawa Tengah, mulai didata oleh para dosen arkeologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bersama komunitas Kota Toea Magelang (KTM).

Pendataan tersebut dilakukan sebagai upaya melestarikan ratusan bangunan tua sebagai cagar budaya. “Pendataan dilakukan mulai Minggu (17/11/2013) hingga beberapa hari ke depan,” ujar Bagus Priyana, koordinator KTM, Senin (18/11/2013).

Pendataan sekaligus pendokumentasian itu dilakukan oleh tim yang terdiri dari 20 orang anggota. Mereka tidak hanya dari anggota KTM saja, tapi ada juga pecinta bangunan tua dari luar kota, seperti Salatiga dan Solo. Bahkan, ada juga warga asing.

“Sebelum pendataan itu dilakukan, sebelumnya tim telah mengikuti workshop tentang cagar budaya,” kata Bagus.

Bagus berujar, bangunan tua yang ada akan dikategorikan dalam beberapa penilaian. Antara lain, kriteria fisik dan visual bangunan. Lalu ada kriteria nonfisik dan kriteria penanganannya.

Kriteria fisik dan visual antara lain seperti estetika, keluarbiasaan, memperkuat citra kawasan, keaslian bentuk secara arkeologis, dan keterawatan. Sementara kriteria nonfisik antara lain seperti peran sejarah, komersial, dan sosial-budaya.

“Ini untuk mempermudah identifikasi dan penanganan masing-masing bangunan selanjutnya,” ucap Bagus.

Dosen Arkeolog UGM, Musadad, mengaku senang bisa terlibat dalam langkah positif para pecinta bangunan tua ini. Selain sebagai bentuk pengabdian masyarakat, keterlibatannya ini juga guna turut serta dalam pelestarian bangunan bersejarah di Kota Sejuta Bunga.

“Kita mendapat teori di meja akademis dan kita aplikasikan di lingkungan masyarakat ini,” jelasnya.

Dia pun menyarankan agar hasil upaya ini dapat menjadi acuan, terutama bagi pemilik bangunan agar tetap melestarikannya. Lalu bisa mendorong pemerintah agar ikut peduli dan tidak asal membongkar bangunan tua.

“Harapan ke depan tentu bisa menjadi daya tarik wisata sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” harapnya.

sumber : http://regional.kompas.com/read/2013/11/18/1317079/Dosen.UGM.Data.Bangunan.Tua.di.Magelang

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s