Tahun Depan DPRD Membuat Perda Inisiatif

Standard

MAGELANG– DPRD Kota Magelang pada 2012 akan membuat satu perda inisiatif. lni kali pertama lembaga legislatif menggunakan haknya.

“Pembuatan perda itu merupakan bagian dari program legislasi daerah atau prolegda,” kata Ketua DPRD HM Hasan Suryoyudho SH MH, kemarin.

Dia menerangkan, pada 2012 eskekutif akan mengajukan 31 raperda. Dari hasil konsultasi Pemkot Magelang dengan DPRD disepakati hanya 22 raperda dan sebuah raperda inisiatif. “Kemungkinan yang dibuat legislatif adalah raperda tentang cagar budaya,” tuturnya.

Terkait dengan pembahasan prolegda, lanjut Ketua DPD Partai Demokrat tersebut, maka sidang paripurna APBD 2012 yang sedianya digelar Rabu (28/12) diundur hingga Jumat (30/12).

“Kami harus menyelesaikan prolegda lebih dulu,” ujarnya.

DPRD sejak lama merencanakan akan membuat perda inisiatif. Itu terkait dengan banyaknya bangunan kuno di Kota Magelang yang harus dilindungi dengan perda. Untuk itu DPRD akan menggandeng Dinas Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jateng.

“Langkah itu untuk memproteksi bangunan kuno supaya tetap terjaga kelestariannya,” ungkapnya.

 Belum Dilindungi

Seperti diketahui Kota Magelang memiliki puluhan bangunan kuno yang hingga kini belum dilindungi perda. Jika terus tidak dilindungi, dikhawatirkan lambat laun bangunan kuna tersebut hanya tinggal kenangan.

Bangunan kuna di kota ini antara lain bekas sekolah pada zaman Belanda yang kini menjadi Kantor Dispendukcapil Kabupaten Magelang, Kantor Polres Magelang Kota, Kantor Bakorwil Kedu Surakarta, Kantor bekas Polwil Kedu, kompleks militer, Plengkung, menara air, Pendapa RSU Tidar serta sejumlah rumah pribadi dengan arsitektur Belanda dan China.

Koordinator Komunitas Kota Tua, Bagus Priyana mengatakan, berdasarkan pengamatan tidak sedikit bangunan tua yang rusak maupun sudah diubah bentuknya.

“Kami tidak ingin nantinya hanya tinggal sejarah, maka perlu dibuat perda untuk melestarikannya,” pintanya.(P60-28)

 sumber : Suara Merdeka, Jumat 30 Desember 2011

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s