Komunitas KOTA TOEA MAGELANG adakan aksi sosial bersih-bersih makam tokoh legendaris Pa van Der Steur

Standard

Barangkali tidak setiap warga Kota Magelang mengetahui jika hingga saat ini di tengah kota masih ada peninggalan era kolonial Belanda yang di sebut dengan makam/kerkhoof. Hal ini wajar adanya mengingat lokasinya yang tertutup oleh pertokoan. Makam itu adalah makam tokoh legendaris yang bernama Pa van der Steur. Letaknya ada di belakang pertokoan di Jalan Ikhlas.

Pintu masuk menuju makam

Tokoh ini sangat luar biasa karena pernah menjadi bapak asuh bagi 7000 anak. Lokasi untuk panti asuhannya ada di kampung Meteseh di utara gedung Karesidenan Kedu. Kawasan ini oleh warga Magelang di kenal dengan nama Pandestiran. Area kawasan ini membujur antara Gereja Bethel sampai ke perumahan Mantyasih, di kitari oleh Kali Bening di sisi utara dan barat hingga ke timur sampai Jalan Diponegoro.

Di seberang gerbang Kerkhoof di belakang pertokoan inilah makam itu berada

Untuk mengetahui siapa Van der Steur silahkan klik di sini http://kotatoeamagelang.wordpress.com/2011/03/04/papa-johan-van-der-steur/

Sedemikian legendarisnya tokoh ini maka pada Minggu 7 Juli 2013 Komunitas KOTA TOEA MAGELANG mengadakan aksi sosial bersih-bersih makam Pa van der Steur dan kerabatnya. Aksi sosial ini di ikuti oleh sekitar 25 orang Kerabat KTM. Aksi sosial ini di lakukan menjelang peringatan hari lahirnya Pa van der Steur yang jatuh pada tanggal 10 Juli. Sebagaiman di ketahui Van der Steur lahir di Haarlem, 10 Juli 1865 dan wafat di Magelang 16 September 1945.

Ini dia hasil aksi sosial itu :

Mendengarkan paparan dari Bu Tatik (tengah berkaos merah)  selaku salah seorang ahli waris  yang di percaya untuk mengelola makam

Lagi penjelasan lagi nih…

Ada juga peserta dari Jakarta yang ikutan di acara ini, mbak Suci (berkaos merah dan berkaca mata)

Ini nih makam van der Steur, tempat peristirahatan terakhirnya

Mulai aksi bersih-bersih rumput di area makam

Semangat…semangaaaat…

Anak kecilpun turut serta membersihkan makam Otto, penerus pengasuh anak sepeningal van Der Steur

Ada Nyong Ambon juga yang di makamkan di sini

Foto bersama di depan makam Van der Steur

Rampung acara foto bareng di gerbang Kerkhoof dulu

About komunitaskotatoeamagelang

Komunitas ini merupakan kumpulan sekelompok masyarakat yang peduli keberadaan peninggalan sejarah yang ada di wilayah Magelang dan Sekitarnya. Nilai sejarah dan arsitektur yang menyimpan nilai luhur merupakan sesuatu yang bukan hanya dikenal namun tetap perlu dilestarikan... Semangat inilah yang akan terus dipunyai oleh komunitas ini

8 responses »

  1. ada data yg akurat nggak mas yg menyebutkan anak panti asuhannya berjumlah 7000 anak ? atau kira2 saja atau asal sebut ?

    • ada pak dieng. saya punya 3 buku fotokopian tentang van der steur yang menceritakan ttg hal itu. Buku itu berbahasa Belanda yang saya dapatkan dari Almarhum Bapak Arround/Ari yang tinggal di sebelah barat Pasar Cacaban, mantan anak asuh van der Steur. Meskipun di buku itu tidak menyebutkan secara rinci nama2 anak asuhnya. Pak Arrounds sendiri dari segi fisik masih berdarah Indo. Buku ini sangat luar biasa isinya meski saya kurang paham akan artinya tapi bisa sedikit2 tau akan maknanya.

  2. selamat siang
    salam kenal, dgn Agung dari Belanda.
    saat ini saya ingin bertanya apakah ada teman2, siapa yg bisa saya di hubungi kalau ada teman saya yang dari Belanda dating ke kota Magelang.
    Nama teman saya adalah bapak Hary van Lonkhuizen. dan dating di magelang tanggal 7 September.
    Tujuan beliau adalah untuk meninjau makam Pa van der Steur. di Magelang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s